Beberapa Mitos dan Fakta Mengenai Mobil

Terdapat begitu banyak pernyataan yang dibangun lewat penjelasan ilmiah maupun asumsi belaka. Dalam rubrik TKB News kali ini, kami akan menyajikan beberapa fakta dan mitos mengenai mobil.

Sumber: Konfrontasi.com

Beberapa Mitos dan Fakta Mengenai Mobil

  1. Isi bahan bakar mobil di pagi hari menguntungkan sang pembeli

Terdapat asumsi bahwa cairan bensin akan mengental dan menjadi padat ketika suhu menurun. Secara ilmiah hal ini dapat dimentahkan dengan penjelasan bahwa tangki tempat penyimpanan bensin berada dibawah tanah, sehingga sangat mustahil untuk terjadinya perubahan suhu.

  1. Mengisi bahan bakar subsidi membuat performa kecepatan mobil berbahan bakar non-subsidi meningkat.

Yang mahal tidak selalu menjanjikan kualitas. Penelitian lebih lanjut pun mengatakan bahwa oktan tinggi dalam suatu bahan bakar tidak memberikan hal yang baik secara signifikan kepada para pengendara mobil.

Sumber: piah.com

  1. Mobil yang kotor mampu mengurangi penggunaan bahan bakar

Lumpur maupun debu dan kotoran yang menempel di sisi mesin dan bodi disinyalir dapat membantu mobil mengurangi konsumsi bahan bakar mobil. Penelitian justru menyatakan sebaliknya, partikel yang terdapat pada debu, lumpur dan kotoran ternyata membuat kendaraan menyerap lebih banyak tenaga dari bahan bakar.

Sumber: oto.com

  1. Mobil bermesin besar lebih boros bahan bakar

Logika dasarnya, mobil dengan ukuran besar pasti mempunyai tangki bahan bakar dengan daya tampung yang juga besar. Satu-satunya acuan yang menyebabkan meningkatkannya konsumsi bahan bakar oleh kendaraan karena faktor muatan dan beban yang dipikul mobil. Sehingga kesimpulannya bawalah muatan yang sesuai daya tampung mobil anda

Penulis : Fauzan Perdana

Editor : Anisa Leoni Audina